Mengucap Syukur dalam segala Hal


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Mengucap Syukur dalam segala Hal

Ayat Pedoman : 1 Tesalonika 5:18 : “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”

Setiap orang Kristen pasti ingin melakukan kehendak Tuhan. Dan kehendak Tuhan adalah supaya kita mengucap syukur dalam segala hal. Berterima kasih kepada Tuhan bukan hanya sekedar ucapan tapi juga dari dalam hati. Mengucap syukur dalam segala hal, keadaan dan situasi.

Ada 4 cara supaya kita bisa bersyukur dalam segala hal, yaitu :

1. Bersyukur artinya merasa puas atas berkat yang diterima Daud berkata dalam nats Mazmur 103:1-2 : ”Dari Daud. Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku! Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!” Kita memuji Tuhan dalam jiwa karena dalam jiwa ada perasaan, pikiran dan kehendak. Pada dasarnya manusia selalu tidak mudah berpuas diri. Hawa jatuh dalam dosa karena tidak puas. Bangsa Israel bersungut-sungut dalam Bilangan 21:4-5 : ”Setelah mereka berangkat dari gunung Hor, berjalan ke arah Laut Teberau untuk mengelilingi tanah Edom, maka bangsa itu tidak dapat lagi menahan hati di tengah jalan. Lalu mereka berkata-kata melawan Allah dan Musa: "Mengapa kamu memimpin kami keluar dari Mesir? Supaya kami mati di padang gurun ini? Sebab di sini tidak ada roti dan tidak ada air, dan akan makanan hambar ini kami telah muak."” Sesungguhnya, hidup dalam persungutan tidak akan menghasilkan apa-apa.

2. Bersyukur karena menyadari Tuhan selalu ada dalam kehidupan kita Tuhan sendiri yang berjanji dalam nats Yesaya 41:10 : ”janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.” Dalam keadaan baik atau tidak baik, Dia selalu menyertai kita. Hadirat Tuhan itu cukup buat kita.

3. Bersyukur karena kita sepakat dengan Tuhan Dalam nats Roma 8:28 : “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” Kita bisa sepakat karena kita kenal dengan Tuhan kita. Tuhan yang luar biasa sungguh mengasihi kita. Karena kita mengasihi Tuhan, maka kita bisa percaya segala perkara yang terjadi pada kita, tiada satupun yang terjadi tanpa seijin Tuhan, semua terjadi untuk kebaikan kita.

Tuhan Yesus memberkati.

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 09.30 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 02 September 2018 Pengkhotbah : Pdt Helena Adna ( diringkas oleh : Vera Hartini )


Archive