Excellent Discipleship - Part 1


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Excellent Discipleship - Part 1

Ayat Pedoman : Matius 10:1-4 10:1 : Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. 10:2 : Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, 10:3 : Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, 10:4 : Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.

Murid Kristus hanya dapat menjadi manusia unggul jika diberdayakan oleh Roh Tuhan. Dalam dunia pemerintahan saat ini, Prof. Mahfud M.D. mengatakan kita harus memilih pemimpin yang memiliki 8 keunggulan. Keunggulan yang berkembang dari kemampuan belajar terhadap 8 unsur alam, yaitu : bintang, bulan, bumi, angin, samudera, api, matahari, dan gunung.

Murid yang unggul juga harus memiliki karakter yang memiliki unsur, sebagai berikut :

a. Belajar dari sifat bintang Murid Kristus yang unggul menghargai harkat dan martabat sesama, menjadi penuntun dan memberikan pencerahan. (Matius 5:3 : ”Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.”).

b. Belajar dari sifat bulan Murid Kristus yang unggul mampu menyesuaikan diri dengan siapapun, memperhatikan potensi dan kebutuhan anggotanya. Tidak merasa besar di hadapan orang kecil dan tidak merasa kecil di hadapan orang besar. (Matius 5:4 : ”Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.”).

c. Belajar dari sifat bumi Murid Kristus yang unggul memiliki sifat keibuan, yang memelihara, mengasuh, momong dan mengayomi. (Matius 5:5 : ”Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi.”).

d. Belajar dari sifat angin Murid Kristus yang unggul berbicara secara terukur disertai argumentasi, dilengkapi dengan data dan fakta, memiliki pertimbangan yang matang sebelum memilih dan mengambil keputusan. (Matius 5:6 : ”Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan”).

e. Belajar dari sifat samudera Murid Kristus yang unggul mempunyai kebesaran hati dan kedalaman wawasan. Dapat menampung semua aspirasi dari siapa saja dengan penuh kesabaran, kasih sayang dan pengertian. (Matius 5:7 : ”Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan.”).

f. Belajar dari sifat api Murid Kristus yang unggul memiliki kecekatan dalam bekerja, tuntas dalam menyelesaikan persoalan, konsisten dan obyektif dan tidak pilih kasih. (Matius 5:8 : ”Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.”).

g. Belajar dari sifat matahari Murid Kristus yang unggul memberikan inspirasi, semangat dan memberi petunjuk supaya ada solusi dari berbagai masalah yang terjadi. (Matius 5:9 : ”Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.”)

h. Belajar dari sifat gunung Murid Kristus yang unggul mempunyai keteguhan, kekuatan fisik dan psikis yang tidak mudah menyerah untuk membela kebenaran dan membela anggotanya. (Matius 5:10-12 : “Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu.”).

Sumber khotbah : Ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 12 Agustus 2018 Pengkhotbah : Pdt. Anthonius Mulyanto ( diringkas oleh : Judy Gunarto )


Archive