Bapa yang Besar


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Bapa yang Besar

Ayat Pedoman : Yohanes 14:28 “Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.”

Allah mempunyai 2 bagian , yaitu :

1. Allah Bapa yang masih merupakan rahasia di Perjanjian Lama, Tuhan yang Maha Kudus, sulit untuk dilihat dan dijangkau.

2. Firman dalam Alkitab adalah bagian dari Allah yang mau diungkapkan untuk kita.

Allah Bapa masih jauh lebih besar dari yang kita pernah tahu, bukan berarti Firman itu kurang detil, tapi Firman itu dibatasi oleh Bapa sendiri, karena sejak awal Firman dan Allah adalah satu. Sebelum semuanya diciptakan, Allah Bapa menciptakan segala sesuatu dengan Firman. Pada nats Kolose 1:15 : “Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,” Yesus menjadi Sulung, lebih dari segala yang telah diciptakanNya.

Kemudian Allah menciptakan malaikat, alam semesta, bumi, manusia, dan yang lainnya, baik yang terlihat maupun tak terlihat. Yesus adalah Firman yang menjadi manusia dan hidup. Dan Firman yang hidup ini dikorbankan di kayu salib. Darah yang dicurahkan bukan hanya penghapus dosa, tetapi darah itu membawa kita ke tempat kudus yang lain dan tidak dibuat oleh tangan manusia. Ia naik ke tempat yang setara dengan Bapa untuk kita seperti nats Ibrani 9:11 : “Tetapi Kristus telah datang sebagai Imam Besar untuk hal-hal yang baik yang akan datang: Ia telah melintasi kemah yang lebih besar dan yang lebih sempurna, yang bukan dibuat oleh tangan manusia, artinya yang tidak termasuk ciptaan ini, “

Dalam nats 1 Korintus 8:6 : “namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.” Lalu nats Yakobus 1:16-17 : “Saudara-saudara yang kukasihi, janganlah sesat! Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.” Yesus telah melakukan hal luar biasa yang membuat kita punya alasan untuk bersemangat setiap hari. Semua yang Ia berikan baik adanya. Alihkan fokus dari yang lain supaya bisa tertuju pada Yesus. Segala sesuatu diciptakan oleh Tuhan dan untuk Tuhan.

1 Korintus 2:6-7 : “Sungguhpun demikian kami memberitakan hikmat di kalangan mereka yang telah matang, yaitu hikmat yang bukan dari dunia ini, dan yang bukan dari penguasa-penguasa dunia ini, yaitu penguasa-penguasa yang akan ditiadakan. Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah" yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.”. Ibrani 10:19-20, "Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus, karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri,"

Ibrani 1:3-4, “Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi, jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka.”

Dalam ketiga nats di atas, kita mempunyai jalan baru dan sumber tak terbatas dari Tuhan Yesus, karena Dia telah menyediakannya untuk kita oleh pengorbananNya di kayu salib. Tuhan telah membayar harga yang sangat mahal untuk mengaruniakan semuanya untuk kita, tetapi apakah kita mau bayar harga untuk Dia ? Untuk dipimpin oleh Roh Kudus, kita harus lewat jalan yang sempit.

Penderitaan pasti dialami oleh semua yang hidup, oleh karena itu kita membutuhkan Roh Kudus yang memberikan penghiburan seperti nats 2 Korintus 1:4 : ” yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.” dan Yohanes 14:26 : “tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” Cara penghiburan Allah lebih dashyat dan ajaib dari yg pernah kita pikirkan. Roh Kudus ada supaya kita lebih dari pemenang, supaya kita di atas bukan di bawah, jadi kepala bukan jadi ekor.

Kita harus sadar kita punya sumber segala sesuatu. Dia telah lakukan semuanya untuk kita bukan kepada makhluk lain, oleh karena itu kita harus hidup lebih baik lagi.

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 05 Agustus 2018 Pengkhotbah : Pdt. Eriel Siregar ( diringkas oleh : Judy Gunarto )


Archive