House of Love


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : House of Love

Ayat Pedoman : Matius 25:40 : “Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.”

Dalam kisah penghakiman terakhir pada nats tsb, Tuhan memisahkan umatNya seperti kambing dan domba, kambing identik dengan karakter orang yang tidak mau tunduk dan keras kepala, sedangkan domba adalah orang yang berkarakter penurut.

Tema ulang tahun gereja kali ini adalah HOUSE OF LOVE. Definisi HOUSE (rumah) adalah tempat interaksi antar manusia. Gereja adalah rumah umat Tuhan, yang seharusnya ada KASIH.

Fungsi ‘house of love’ adalah sebagai berikut :

1. Kumpulan orang percaya yang saling peduli, terutama yang berkekurangan. Pada nats Matius 25:35 : “Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan;” Tuhan ada pada mereka yang miskin dan hina. Kita seharusnya membantu mereka. Allah sengaja menaruh mereka yang berkekurangan di hadapan kita supaya kita tidak terlena pada berkat yang Tuhan berikan pada kita. Pada nats 8 ucapan bahagia Tuhan Yesus, mereka yang miskin di hadapan Allah menduduki urutan pertama dalam ucapan bahagia tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa orang miskin adalah prioritas Allah.

2. Kumpulan orang percaya yang saling mempedulikan orang yang dalam keterasingan. Kita bisa saja mengasihi orang yang sudah kita kenal, tapi ujian dari kasih sesungguhnya adalah ketika kita membuka hati kepada orang yang tidak kita kenal dan mengasihi orang asing. Tuhan juga ada pada mereka yang terasing.

3. Pelayanan gereja adalah pelayanan yang merawat dan memulihkan. Sakit penyakit yang dialami manusia saat ini bukan hanya jasmani tapi juga mental. Orang sakit bukan hanya sekedar disembuhkan saja, tapi mereka juga ingin ditemani. Fungsi gereja Tuhan seharusnya menyembuhkan dan memulihkan.

Suatu hari nanti, ketika kita menghadapi penghakiman terakhir, kita harus memastikan diri kita ada pada kumpulan domba itu.

Tuhan Yesus Memberkati.

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 09:30 WIB Hari / Tanggal :Minggu, 22 Juli 2018 Pengkhotbah :Pdt Gordon Simaremare ( diringkas oleh : Vera Hartini )


Archive