Iman yang Memberi Kemenangan


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Iman yang Memberi Kemenangan

Ayat Pedoman : Roma 8:28-39

8:28 : Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. 8:29 : Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. 8:30 : Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. 8:31 : Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita? 8:32 : Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia? 8:33 : Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah, yang membenarkan mereka? Siapakah yang akan menghukum mereka? 8:34 : Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita? 8:35 : Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang? 8:36 : Seperti ada tertulis: "Oleh karena Engkau kami ada dalam bahaya maut sepanjang hari, kami telah dianggap sebagai domba-domba sembelihan." 8:37 : Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. 8:38 : Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, 8:39 : atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Dalam perdebatan mengenai masalah teologi dengan kepercayaan lain, kita bisa saja kalah dalam perdebatan, tapi bukan berarti kita bisa meninggalkan iman percaya kita kepada Tuhan Yesus. Tuhan Yesus tetap Tuhan. Tema dalam kitab Roma adalah kebenaran dalam Kristus.

Dalam Kristus, ada 7 hal penting yang memberi kemenangan dan kepastian, yaitu :

1. Allah memanggil kita (Roma 8:28)

Allah sendiri yang memanggil kita, untuk menjadi anakNya. Panggilan yang besar, kudus dan luar biasa, juga bersifat kekal, seperti yang tertulis pada nats 1 Yohanes 5:11-13 : “Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya. Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup. Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.”.

2. Allah memilih kita (Roma 8:29)

Allah memilih kita bukan karena kita baik, tetapi karena kasih dan karuniaNya seperti pada nats Yohanes 15:16 : “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.”

3. Allah berpihak kepada kita (Roma 8:31)

Kita tidak perlu takut dan khawatir karena Allah menyertai kita seperti janji Allah pada nats Ibrani 13:5 : “Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."

4. Allah mengaruniakan segala sesuatu kepada kita (Roma 8:32)

Kita tidak perlu khawatir tentang masa depan kita, terutama anak muda untuk urusan masa depan karena Tuhan telah mengaruniakan segala sesuatu kepada kita. Kita harus hidup kudus dan benar di hadapan Tuhan.

5. Allah membenarkan kita (Roma 8:30)

Kita dinyatakan Allah sudah tidak berdosa, karena Yesus membenarkan kita ketika Dia menyelesaikan semua dosa kita di kayu salib.

6. Allah membela kita (Roma 8:34)

Allah menjadi pembela bagi kita.

7. Allah mengasihi kita (Roma 8:37) Dia sangat mengasihi kita, karena itu adalah karakter diriNya. Apabila kita diperhadapkan pada ujian hidup, hal itu supaya kita naik level, seperti anak yang mau naik kelas harus lulus ujian dahulu. Ujian tersebut membuat kita agar bersungguh-sungguh mengandalkan Dia. Kadang ada ujian karena kita tidak taat, tapi apabila kita tetap taat, tidak perlu khawatir, hasil akhir ujian tersebut adalah kemenangan.

Ketika kita tahu mengenai kebenaran-kebenaran di atas, adakah alasan untuk tidak beriman kepada Yesus? Karena itu marilah kita menikmati kebenaran-kebenaran tersebut demi kemuliaan Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati.

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 09:30 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 10 Juni 2018 Pengkhotbah : Pdt. Wim Wairata ( diringkas oleh : Vera Hartini )


Archive