Menjadi Kristen Sejati


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Menjadi Kristen Sejati

Ayat Pedoman : Matius 11:25–30

11:25 : Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. 11:26 : Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. 11:27 : Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya. 11:28 : Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 11:29 : Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. 11:30 : Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."

Ada 4 ciri orang Kristen sejati, yaitu :

1. Selalu bersyukur atas kebaikan Tuhan (Matius 11:25) Ketika kita mengucap syukur, maka suasana surga terjadi pada kita, lalu orang lain bisa melihat hidup kita yang penuh dengan atmosfir positif secara otomatis menjadi berkat. Mengucap syukur (Praise and Worship) membuat kita menjadi peka terhadap Tuhan dan percaya dalam setiap keadaan baik susah maupun senang, Tuhan itu tetap baik adanya.

2. Kita mempunyai kuasa yang diberikan Tuhan (Matius 11:27) Kita harus sadar kita mempunyai kuasa yang datangnya dari Tuhan, maka kita sudah seharusnya bisa hidup secara optimis.

3. Tuhan peduli dengan orang yang berkesusahan (Matius 11:28) Tuhan kita peduli dengan orang yang menderita, maka kita harus terbuka hatinya terhadap orang yang berkesusahan. Kita mempunyai belas kasihan Tuhan dalam hidup kita dan kita bisa merasakan empati terhadap orang yang kita layani. Karena kita berbelas kasihan, tentu saja harta kita, waktu kita dan emosi kita akan terganggu, karena kita ikut merasakan penderitaan orang lain.

4. Memikul salib (Matius 11:29) Kita yang sudah dipulihkan Tuhan, pasti mengalami kenaikan dalam segala hal. Kadang promosi dari Tuhan membuat kita menjadi sibuk dan melupakan waktu dengan Tuhan. Kita harus membuang karakter buruk kita. Karena itu, Tuhan memasang kuk yang sesuai dengan kemampuan manusia agar manusia hidup sesuai kehendak Tuhan supaya kita tetap rendah hati dan bergantung kepadaNya.

Tuhan Yesus memberkati

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 13 Mei 2018 Pengkhotbah : Pdt. Hendi Kasidi ( diringkas oleh : Judy Gunarto )


Archive