Kristen yang Penuh Kuasa


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : *Kristen yang Penuh Kuasa*

Ayat Pedoman : Lukas 10:19 “Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu. “

Hidup orang Kristen harus selalu bergairah untuk apapun masalah yang sedang kita hadapi. Kita jangan hidup seperti mental orang yang kalah, model hidup ini tidaklah akan menjadi kesaksian. Tuhan melihat kita sebagai pemenang. Firman Tuhan sudah berkata tidak ada suatu apapun yang dapat membahayakan kita. Janganlah kita melihat situasi atau keadaan yang ada, tetapi peganglah Firman Tuhan. Pergumulan kita belum jadi akhir cerita kita. Akhir cerita kita adalah menjadi pemenang.

Dunia mungkin dalam keadaan susah pada saat ini, tetapi kita tidak tergantung pada kondisi dunia. Karena kita adalah duta Kerajaan Surga, maka kita mengikuti hukum kerajaan Surga. Dalam nats 1 Korintus 4:20 : “Sebab Kerajaan Allah bukan terdiri dari perkataan, tetapi dari kuasa.” membahas tentang kerajaaan Surga yang diidentikkan dengan kuasa.

Dalam nats Kisah Para Rasul 1:8 : “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." membahas mengenai Roh Kudus ada dalam diri kita maka kita memiliki kuasa dunamos (dinamit) : yang memiliki potensi ledakan yang besar.

Rencana awal Tuhan untuk kita adalah menjadi orang yang penuh kuasa, seperti nats :

1) Kejadian 1:26 : “Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." ”

2) Kejadian 1:28 : “Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi." .

Tuhan sudah memberikan kita kuasa yang luar biasa. Dalam berjuang, kita memang akan berjerih lelah, tapi jangan pernah menyerah karena kita sudah dipersiapkan untuk menang. Bagi orang Kristenpun, semakin kita terjepit, semakin kita melejit, seperti pada nats 2 Korintus 4 :7-9 : “Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami. Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa.”.

Firman Tuhan berkali – kali menyatakan bahwa Dia menyiapkan kita sebagai pemenang, seperti nats sbb :

a) 2 Korintus 2:14 : “Tetapi syukur bagi Allah, yang dalam Kristus selalu membawa kami di jalan kemenangan-Nya. Dengan perantaraan kami Ia menyebarkan keharuman pengenalan akan Dia di mana-mana. ”

b) Ulangan 20:1–4 : "Apabila engkau keluar berperang melawan musuhmu, dan engkau melihat kuda dan kereta, yakni tentara yang lebih banyak dari padamu, maka janganlah engkau takut kepadanya, sebab TUHAN, Allahmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir, menyertai engkau.

Apabila kamu menghadapi pertempuran, maka seorang imam harus tampil ke depan dan berbicara kepada rakyat, dengan berkata kepada mereka: Dengarlah, hai orang Israel! Kamu sekarang menghadapi pertempuran melawan musuhmu; janganlah lemah hatimu, janganlah takut, janganlah gentar dan janganlah gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai kamu untuk berperang bagimu melawan musuhmu, dengan maksud memberikan kemenangan kepadamu.”

Sekali lagi, jangan lihat keadaan kita saat ini, jangan juga dengar perkataan orang sekitar kita. Apabila kita tahu tentang Kerajaan Allah maka kita tahu bahwa kita memiliki kuasa Tuhan. Karena dengan kuasa Tuhan, maka kita bisa menjadi pemenang di setiap tantangan. Ketika kita tetap menyembah Tuhan, kemenangan itu akan terjadi.

Tuhan Yesus memberkati.

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 09:30 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 15 April 2018 Pengkhotbah : *Pdt Antonius Kindangen* ( diringkas oleh : Vera Hartini )


Archive