Berkat Tuhan tidak Merusak


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Berkat Tuhan tidak Merusak

Ayat Pedoman : Ulangan 11:8-16

11:8 : Jadi kamu harus berpegang pada seluruh perintah yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya kamu kuat untuk memasuki serta menduduki negeri, ke mana kamu pergi mendudukinya, 11:9 : dan supaya lanjut umurmu di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepada mereka dan kepada keturunan mereka, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya. 11:10 : Sebab negeri, ke mana engkau masuk untuk mendudukinya, bukanlah negeri seperti tanah Mesir, dari mana kamu keluar, yang setelah ditabur dengan benih harus kauairi dengan jerih payah, seakan-akan kebun sayur. 11:11 : Tetapi negeri, ke mana kamu pergi untuk mendudukinya, ialah negeri yang bergunung-gunung dan berlembah-lembah, yang mendapat air sebanyak hujan yang turun dari langit; 11:12 : suatu negeri yang dipelihara oleh TUHAN, Allahmu: mata TUHAN, Allahmu, tetap mengawasinya dari awal sampai akhir tahun. 11:13 : Jika kamu dengan sungguh-sungguh mendengarkan perintah yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, sehingga kamu mengasihi TUHAN, Allahmu, dan beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, 11:14 : maka Ia akan memberikan hujan untuk tanahmu pada masanya, hujan awal dan hujan akhir, sehingga engkau dapat mengumpulkan gandummu, anggurmu dan minyakmu, 11:15 : dan Dia akan memberi rumput di padangmu untuk hewanmu, sehingga engkau dapat makan dan menjadi kenyang. 11:16 : Hati-hatilah, supaya jangan hatimu terbujuk, sehingga kamu menyimpang dengan beribadah kepada allah lain dan sujud menyembah kepadanya.

Agar kita bisa menerima berkat dan tidak jatuh karena berkat tersebut, kita harus taat kepada FirmanNya (Ulangan 11: 8) . Negeri yang Tuhan berikan untuk kita adalah negeri yang sangat subur tanahnya dan selalu dalam pengawasan Tuhan. Seperti nats Ulangan 8:14, kita dapat mengumpulkan gandum, anggur dan minyak berarti pekerjaan kita diberkatiNya.

Pada nats Ulangan 11:15, Tuhan memberi kita makan kenyang berarti Dia memberikan berkat yang baik, yang tidak merusak kita. Kita harus menyadari ketika kita ‘kekenyangan’ dan tidak bisa melakukan yang bermanfaat, maka berkat tsb sudah merusak kita.

Kehidupan bangsa Israel di tanah Mesir melambangkan kita yang tidak selesai dengan diri kita sendiri. Kita sibuk dengan urusan kita sendiri dan tidak mau ikut caraNya Tuhan, padahal kita sudah sangat begitu diperhatikan dan disayangi oleh Tuhan.

Seperti bangsa Israel yang masih memiliki cara hidup Mesir. Orang Kristen yang tidak serius dengan Tuhan, tidak bisa menerima berkat Tuhan dengan baik, sangat mudah terbujuk oleh tradisi yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan seperti pada nats Ulangan 11:16.

Tuhan Yesus memberkati.

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 08 April 2018 Pengkhotbah : Pdt Harry Sempulur ( diringkas oleh : David Lim )


Archive