Ketenangan dalam Yesus


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Ketenangan dalam Yesus

Ayat Pedoman : Matius 8:23-27 8:23 : Lalu Yesus naik ke dalam perahu dan murid-murid-Nyapun mengikuti-Nya. 8:24 : Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu itu ditimbus gelombang, tetapi Yesus tidur. 8:25 : Maka datanglah murid-murid-Nya membangunkan Dia, katanya: "Tuhan, tolonglah, kita binasa." 8:26 : Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?" Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali. 8:27 : Dan heranlah orang-orang itu, katanya: "Orang apakah Dia ini, sehingga angin dan danaupun taat kepada-Nya?"

Hidup pasti punya masalah tidak terkecuali orang Kristen. Masalah tetap muncul tapi respon kita terhadap masalah harus beda dengan orang dunia. Cara agar kita tenang di tengah masalah hidup adalah sbb :

1. Belajar untuk tidak mudah panik. Kepanikan dalam hidup tidak pernah menghasilkan keputusan yang baik. Ketika kita tidak panik dan tetap tenang, maka hidup kita akan lebih tenang. Kalau kita tetap tenang dan kuat maka kita akan bisa menghadapi hidup di dunia ini, yang selalu identik dengan ketakutan dan kekuatiran. Tidak akan ada damai sejahtera apabila kita memakai cara dunia dalam menghadapi masalah.

2. Selalu mengingat Yesus. Sering kali ketika masalah datang, kita merasa takut dan gentar karena kita tidak kenal dengan siapa kita berjalan bersama, dalam menghadapi hidup ini. Ketika kita tahu dengan siapa kita berjalan dan tahu kuasa yang Yesus miliki, maka kita tidak akan gentar dalam menghadapi hidup ini. Kita hanya bisa kenal Tuhan kalau kita mengalami perjumpaan secara pribadi dengan Tuhan.

3. Tetap optimis. Ada banyak orang Kristen menghadapi hidup dengan tidak optimis dan selalu melihat dengan pesimis bahkan seringkali mencurigai Tuhan.

4. Tetap percaya. Mulai sekarang belajarlah untuk selalu percaya kepada Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati.

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 11 Februari 2018 Pengkhotbah : Pdt Widya Ratna ( diringkas oleh : Judy Gunarto)


Archive