Roh Kudus


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Roh Kudus

Ayat Pedoman : Yohanes 16:8-11 16:8 : Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman 16:9 : akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku 16:10 : akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi 16:11 : akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum

Tema Gereja Sungai Yordan tahun ini adalah Church and Mission. Gereja dan misi tidak bisa dipisahkan, gereja tanpa misi itu bukan gereja. Gereja butuh Roh Kudus untuk menjalankan misinya.

Kita semua anakNya, bisa mengalami baptisan Roh Kudus hanya sekali seumur hidup kita, tetapi kepenuhan Roh Kudus dapat terjadi berulang kali sampai dengan kita dijemputNya.

4 fungsi Roh Kudus sesuai nats di atas sbb :

1. Menginsafkan dunia akan dosa dari kebenaran dan penghakiman Yang dimaksud mengerti kebenaran itu adalah pembelajaran tentang Firman Tuhan karena cinta Tuhan. Yang dulu kita tidak mengerti, seiring dengan waktu sedikit demi sedikit kita bisa mengerti karena bimbingan Roh Kudus. Keselamatan kita sendiri juga adalah karena karya Roh Kudus. Penghakiman tidak berlaku lagi bagi kita karena kita sudah di dalam Tuhan. Pada saat kita dipanggil menghadap Tuhan nanti, kita tidak dihakimi lagi, tetapi kita diberikan mahkota.

2. Mengubah pola pikir kita agar terjadi pembaharuan dalam hidup kita

Harus terjadi sebuah pembaharuan dalam hidup dengan adanya peran Roh Kudus. Perubahan tiap orang berbeda, kita tidak bisa memaksa tiap orang untuk berubah karena cara Tuhan untuk setiap orang berbeda. Yang terpenting kita semua mengalami perubahan demi perubahan.

3. Karunia Roh Karunia Roh adalah kemampuan yang berasal dari Tuhan untuk memampukan kita melalui masa masa sulit. Semua karunia diberikan supaya hanya Yesus saja ditinggikan, bukanlah manusia. Manusia tidak bisa sombong hanya karena memiliki karunia Roh.

4. Kasih Karunia Roh dibicarakan di dalam kitab 1 Korintus 12 dan 1 Korintus 14 tetapi diselingi 1 Korintus 13, karena berisi tentang kasih. Kekristenan yang tertinggi adalah mengenai kasih.

Tuhan Yesus memberkati

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 09:30 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 7 Januari 2018 Pengkhotbah : Pdt Paul Halim ( diringkas oleh : Vera Hartini )


Archive