Pengenalan akan Tuhan


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Pengenalan akan Tuhan

Efesus 1 : 3; 7 : 1:3 : “Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga.” 1:7 : “Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,” Dari ayat tsb, kita bisa mengenal Tuhan dengan benar, tidaklah bisa memakai kekuatan sendiri, karena Tuhanlah yang mengaruniakannya. Apabila kita mengenal Tuhan dengan benar, maka mata hati kita menjadi terang.

Yeremia 9:23 : “Beginilah firman TUHAN: "Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya,”

Apa yang menjadi harta atau pegangan kita di dunia ini, yang sedemikian kita banggakan, hal tsb janganlah menjadi pegangan dan dasar kekuatan kita. Hal tsb tidak baik di mata Tuhan. Apabila kita mau bermegah, maka bermegahlah kita di dalam pengenalan dan pemahaman akan Tuhan.

Yesaya 33:6 : “Masa keamanan akan tiba bagimu; kekayaan yang menyelamatkan ialah hikmat dan pengetahuan; takut akan TUHAN, itulah harta benda Sion.”

Apabila kita mau merasa aman dan tidak ada kebimbangan, maka kita harus memiliki kekayaan yang menyelamatkan yaitu : hikmat dan pengetahuan serta takut akan Tuhan. Semakin kita percaya kepadaNya, maka kitapun tidak akan mudah terpengaruh pada keadaan sekeliling kita yang tidak pasti.

Filipi 3:3; 7-8 : 3:3 : karena kitalah orang-orang bersunat, yang beribadah oleh Roh Allah, dan bermegah dalam Kristus Yesus dan tidak menaruh percaya pada hal-hal lahiriah.” 3:7 : Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. 3:8 : Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus, Apabila kita mau mengejar harta kekayaan surgawi maka kita harus memiliki pengenalan akan Tuhan yang benar.

Pengkhotbah 10:19 : “Untuk tertawa orang menghidangkan makanan; anggur meriangkan hidup dan uang memungkinkan semuanya itu.”

Uang memungkinkan kita memiliki segala-galanya di dunia ini, akan tetapi hal ini tidak berlaku di Surga. Di Surga untuk harta benda yang paling berharga adalah pengenalan akan Tuhan. Mari kita hafal ayat dan sering membaca Alkitab karena memang bagus dan penting, akan tetapi memiliki pengenalan Allah dengan benarlah, yang membuat kita kuat menjalani hidup. Cara mengenal Tuhan adalah mempunyai hidup yang takut akan Tuhan. Semakin kita mengenal Tuhan, maka kita harus semakin siap untuk bayar harga. Lebih baik kita menderita karena pengenalan akan Tuhan daripada kita bersenang-senang dengan harta kekayaan yang berlimpah. Seperti rasul Paulus berkata bahwa apa yang dulu kita anggap suatu keuntungan, sekarang akan kita anggap kerugian atau sampah ketika kita mengenal Kristus. Semakin kita mengenal Tuhan, maka semakin bisa kita membuat apa yang dulu Tuhan Yesus telah kerjakan, bahkan lebih daripada itu. Ketika kita semakin lapar dan haus akan pengenalan kepada Tuhan Yesus, maka kitapun akan semakin merendahkan diri dan tidak berarti apa-apa lagi.

Ibrani 6:3-4; 11-13; 16-17 : 6:3 : Dan itulah yang akan kita perbuat, jika Allah mengizinkannya. 6:4 : Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya, yang pernah mengecap karunia sorgawi, dan yang pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus, 6:11 : Tetapi kami ingin, supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang sama untuk menjadikan pengharapanmu suatu milik yang pasti, sampai pada akhirnya, 6:12 : agar kamu jangan menjadi lamban, tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah. 6:13 : Sebab ketika Allah memberikan janji-Nya kepada Abraham, Ia bersumpah demi diri-Nya sendiri, karena tidak ada orang yang lebih tinggi dari pada-Nya, 6:16 : Sebab manusia bersumpah demi orang yang lebih tinggi, dan sumpah itu menjadi suatu pengokohan baginya, yang mengakhiri segala bantahan. 6:17 : Karena itu, untuk lebih meyakinkan mereka yang berhak menerima janji itu akan kepastian putusan-Nya, Allah telah mengikat diri-Nya dengan sumpah,

Pengharapan yang seharusnya kita miliki nanti di masa yang akan datang, namun akan menjadi hak milik kita sekarang, apabila kita menjadi orang-orang Kristen yang sungguh-sungguh, supaya kita mempunyai keberanian untuk meng-klaim apa yang Tuhan janjikan kepada kita dengan bersumpah demi namaNya, supaya kita mendapat keyakinan dan kepastian akan janji-janjiNya.

1 Yohanes 5:1 : “Setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga Dia yang lahir dari pada-Nya.” Apabila kita benar-benar berasal dari Allah, maka kita pasti membawa sesuatu yang bisa untuk mengalahkan dunia ini. Hanya saja, janganlah kita menjadi sombong, dan tetaplah rendah hati.

Tuhan Yesus memberkati !

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 15 Oktober 2017 Pengkhotbah : Pdt Eriel Siregar ( diringkas oleh : Yudi Goenarto )


Archive