Paulus Kuat hingga Garis Akhir


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Paulus Kuat hingga Garis Akhir

Ayat Pedoman : Filipi 1:20-26 1:20 : Sebab yang sangat kurindukan dan kuharapkan ialah bahwa aku dalam segala hal tidak akan beroleh malu, melainkan seperti sediakala, demikianpun sekarang, Kristus dengan nyata dimuliakan di dalam tubuhku, baik oleh hidupku, maupun oleh matiku. 1:21 : Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. 1:22 : Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. Jadi mana yang harus kupilih, aku tidak tahu. 1:23 : Aku didesak dari dua pihak: aku ingin pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus--itu memang jauh lebih baik; 1:24 : tetapi lebih perlu untuk tinggal di dunia ini karena kamu. 1:25 : Dan dalam keyakinan ini tahulah aku: aku akan tinggal dan akan bersama-sama lagi dengan kamu sekalian supaya kamu makin maju dan bersukacita dalam iman, 1:26 : sehingga kemegahanmu dalam Kristus Yesus makin bertambah karena aku, apabila aku kembali kepada kamu.

Ajaran beberapa gereja saat ini mengarah kepada berkat saja, tapi apabila kita melihat perjalanan murid Tuhan Yesus, mereka semua lebih menderita dibandingkan sebelum mereka dipanggil Yesus. Ikut Tuhan bisa dapat berkat dan bisa juga menderita, oleh sebab itu dalam mendengarkan Firman Tuhan itu harus seimbang. Paulus adalah salah satu contoh yang selalu bertahan di segala situasi penderitaan.

Apa yang membuat Paulus tetap semangat ? Adapun rahasia Paulus tetap semangat di tengah penderitaan adalah sbb :

1. Ada pekerjaan yang harus dilakukan (Filipi 1:21-24) 1:21 : Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. 1:22 : Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. Jadi mana yang harus kupilih, aku tidak tahu. 1:23 : Aku didesak dari dua pihak: aku ingin pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus--itu memang jauh lebih baik; 1:24 : tetapi lebih perlu untuk tinggal di dunia ini karena kamu

2. Sukacita (Filipi 2:17-18) 2:17 : Tetapi sekalipun darahku dicurahkan pada korban dan ibadah imanmu, aku bersukacita dan aku bersukacita dengan kamu sekalian. 2:18 : Dan kamu juga harus bersukacita demikian dan bersukacitalah dengan aku.

3. Tetap memilih Kristus daripada mencari keuntungan duniawi (Filipi 3:7-8) 3:7 : Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. 3:8 : Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus,

4. Tetap berbuat baik (Filipi 4:5) 4:5 : Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat!

5. Mempercayakan hidup kepada Tuhan (Filipi 4:6-8) 4:6 : Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. 4:7 : Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus. 4:8 : Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 09:30 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 15 Oktober 2017 Pengkhotbah : Pdt Paul Halim ( diringkas oleh : Vera Hartini )


Archive