Kuasa Roh Kudus


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Kuasa Roh Kudus

Ayat pedoman : Kisah Para Rasul 1:6-8

1:6 : Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?" 1:7 : Jawab-Nya: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. 1:8 : Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Ada tiga hal yang menyebabkan kita membutuhkan Roh Kudus. Ketiga hal itu adalah :

1. Roh Kudus yang membawa perubahan (2 Korintus 5:17 : “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.”) Perubahan yang terjadi bukanlah karena kita sering ke gereja. Banyak orang pergi ke gereja akan tetapi hatinya tertutup untuk Tuhan. Biarkanlah Roh Kudus bekerja dalam hidup kita, maka hidup kita pasti berubah. Berubah bukanlah secara fisik, tetapi hati yang diubahkan menjadi ciptaan yang baru.

2. Roh Kudus memberi kuasa agar kita memiliki kuasa untuk berjalan dalam kebenaran Allah (Yohanes 14:16-17 : “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,” yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.)

Lalu pada Yohanes 17:17 berbunyi demikian : “Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.”

Ukuran kebenaran Allah adalah FirmanNYA yang tertulis dalam Alkitab. Kalau kita sering membaca firman Tuhan maka firman itulah yang akan bekerja dalam hidup kita. Roh Kudus dicurahkan bagi kita agar kita mampu berjalan dalam kebenaran Allah.

3. Roh Kudus memberikan otoritas kuasa Allah (Matius 28:20 : “dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.")

Lagi, pada nats Markus 16:17-18 berbunyi : “ 16:17 : Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, 16:18 : mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

Kuasa Allah itu ada dan bekerja dalam hidup kita. Tampilkanlah bahwa Roh Kudus yang ada dalam diri kita lebih besar daripada semua roh yang ada di dalam dunia ini. Jadilah saksi Kristus lewat : hidup kita yang diubahkan, perkataan dan perbuatan kita.

Tuhan Yesus memberkati !

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 04 Juni 2017 Pengkhotbah : Pdt Helena Adna Hanan ( diringkas oleh : Judy Goenarto )


Archive