Dosa


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Dosa

Ayat Pedoman : 1 Yohanes 1:5-10 : 1:5 : Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan. 1:6 : Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran. 1:7 : Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa. 1:8 : Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita. 1:9 : Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. 1:10 : Jika kita berkata, bahwa kita tidak ada berbuat dosa, maka kita membuat Dia menjadi pendusta dan firman-Nya tidak ada di dalam kita.

Nats pada Kisah Para Rasul 13:38-39 berbunyi : 13:38 : Jadi ketahuilah, hai saudara-saudara, oleh karena Dialah maka diberitakan kepada kamu pengampunan dosa. 13:39 : Dan di dalam Dialah setiap orang yang percaya memperoleh pembebasan dari segala dosa, yang tidak dapat kamu peroleh dari hukum Musa.

Kematian Tuhan Yesus menghapus segala dosa manusia. Ada target yang harus kita kerjakan setelah dosa kita diampuni. Bukanlah kita hanya melakukan ritual minta pengampunan dosa. Kita harus berbeda dengan yang lain dalam hal ini. Diampuni dosanya supaya lebih bijak ke depannya dengan setidak-tidaknya memiliki tekad untuk tidak mengulangi dosa tsb. Inilah perbedaan pengikut Kristus dengan yang lainnya dalam hal pengampunan dosa.

Yesaya 59:1-2 berkata : 59:1 : Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; 59:2 : tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.

Konsentrasi kita bukan lagi hanya pada pengakuan dan pengampunan dosa dengan tidak ada perubahan dari diri kita sendiri. Hal ini merupakan sebuah kesalahan besar. Yang benar adalah kita harus berkonsentrasi kepada dosa yang kita buat. Jangan hanya terpaku pada pengampunan dan pengakuan dosa setiap hari. Tuhan sudah mengampuni dosa kita.

Sebagai manusia sudah tentu tidak mungkin bisa lepas dari kesalahan, akan tetapi kita bisa lepas dari dosa itu sendiri. Milikilah tekad untuk mau berubah dari yang buruk menjadi lebih baik dari hari ke sehari.

Nats berikutnya pada Matius 5:27-28; 38-39 dan 43-44 sbb : 5:27 : Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. 5:28 : Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

5:38 : Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. 5:39 : Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.

5:43 : Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. 5:44 : Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

Ayat di atas sepertinya mustahil untuk dilakukan, tetapi inilah yang Tuhan kehendaki untuk kita perbuat. Kita harus menjadi pengikut Kristus yang tidak hanya sekedar diampuni dosanya, tetapi harus mau berusaha mencapai hidup yang kekal. Bila Anda hanya mau diampuni dosanya saja, sebaiknya Anda tidak menjadi pengikut Kristus.

Matius 7:21 berbicara : “Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.“ Lakukanlah FirmanNya! Tidak semua Firman Tuhan tidak bisa kita lakukan, akan tetapi apabila kita mempunyai tekad dan hati yang mau melakukannya, maka Roh Kudus akan memampukan kita supaya bisa dan mau melakukannya.

Apa yang harus kita harus lakukan agar bisa melakukan Firman Tuhan ? Jawabannya ada pada 1 Yohanes 1:5. Masuklah dalam hadirat Tuhan. Dosa tidak ada dalam hadirat Tuhan, yang ada adalah terang Allah. Penting buat kita untuk mau belajar dan memilki kemauan yang kuat. Mulai praktekkan Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Tips agar kita bisa melakukan Firman Tuhan adalah sbb : 1. Pikiran dan perasaan kita harus berubah. Hal yang tidak mungkin apabila menggunakan kekuatan diri kita sendiri.

2. Introspeksi diri kita sendiri apabila kita belum menghasilkan buah roh maka tanyakan pada diri kita sendiri. (1 Yohanes 1:6) Sudah seharusnya kita menghasilkan buah roh yang terdapat pada Galatia 5:22-23 (Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.)

Mari kita hargailah pengorbanan Tuhan Yesus.

Tuhan Yesus memberkati !

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 11 Juni 2017 Pengkhotbah : Pdm Andy Djamian ( diringkas oleh : Judy Goenarto )


Archive