Kuat ketika Menghadapi Masalah


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Kuat ketika Menghadapi Masalah

Ayat Pedoman : Yesaya 35:3 : “Kuatkanlah tangan yang lemah lesu dan teguhkanlah lutut yang goyah.”

Masalah akan selalu ada dalam kehidupan kita.

Bagaimana kita menghadapi masalah yang menumpuk ? Bisakah kita tetap tegar dan kuat ketika menghadapi masalah yang berat ? Yang pasti, sebelum Tuhan Yesus datang untuk kedua kalinya, akan datang masa yang sukar. Sebagai anak-anakNya, Tuhan mau kita tetap tegar dan kuat dalam menghadapi masalah.

Ada beberapa hal yang harus kita miliki agar tetap kuat dalam menghadapi masalah, yaitu : - Amsal 3:5 : “Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.” Kita harus memiliki iman yang teguh. Beriman berarti kita mempercayakan seluruh hidup kita kepada Tuhan dan tetap berpegang teguh pada janji-janjiNya.

- 1 Samuel 30:6 : “Dan Daud sangat terjepit, karena rakyat mengatakan hendak melempari dia dengan batu. Seluruh rakyat itu telah pedih hati, masing-masing karena anaknya laki-laki dan perempuan. Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya.” Bukan masalah yang membuat kita menjadi kuat, melainkan respon kita dalam menghadapi masalah. Respon kitalah yang membuat kita menjadi seorang pemenang. Hidup kita dijamin oleh Tuhan Yesus sehingga tidak ada alasan untuk takut. Sejauh apa kita mengenal Tuhan, maka sejauh itulah kekuatan iman yang Tuhan berikan kepada kita. Ingatlah bahwa Tuhan jauh lebih besar dari semua masalah-masalah kita.

- 2 Korintus 5:7 : “--sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat—“

Beberapa cara yang dapat kita lakukan agar kita memiliki iman yang teguh, yaitu :

A. Kita harus belajar untuk mendengar secara seksama ( listening) dan bukan mendengar sambil lalu (hearing) Karena iman timbul dari pendengaran. Ketika iman kita bertumbuh, maka kita tidak akan mudah goyah.

B. Merenungkan Firman Tuhan

C. Memperkatakan Firman Tuhan

D. Lakukan saja Firman Tuhan (just do it).

Tuhan Yesus memberkati !

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 03 September 2017 Pengkhotbah : Pdt Andryanto Budi Suwardi ( diringkas oleh : Judy Goenarto )


Archive