Yesus Naik ke Surga untuk Menyediakan Tempat bagi Kita


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Yesus Naik ke Surga untuk Menyediakan Tempat bagi Kita

Ayat pedoman : Yohanes 14:1-14 ; Yohanes 15:1-17, 26

14:1 : "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. 14:2 : Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. 14:3 : Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. 14:4 : Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ." 14:5 : Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?" 14:6 : Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 14:7 : Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia." 14:8 : Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami." 14:9 : Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. 14:10 : Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. 14:11 : Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. 14:12 : Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; 14:13 : dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. 14:14 : Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."

15:1 : "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. 15:2 : Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah. 15:3 : Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. 15:4 : Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. 15:5 : Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. 15:6 : Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. 15:7 : Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. 15:8 : Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku." 15:9 : "Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu. 15:10 : Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya. 15:11 : Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh. 15:12 : Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. 15:13 : Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. 15:14 : Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. 15:15 : Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku. 15:16 : Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. 15:17 : Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain." 15:26 : Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

Dari nats di atas, ada 6 hal yang dapat dikaitkan dengan kenaikan Yesus ke Surga yaitu : 1. Yesus kembali kepada keilahianNYA 2. Yesus menjadi Raja di Surga 3. Yesus menjadi Imam Besar di Surga 4. Yesus naik ke Surga supaya Roh Kudus bisa turun kepada kita, berperan sebagai Penolong 5. Yesus naik ke Surga menyediakan tempat bagi kita 6. Yesus naik ke Surga dan akan kembali ke dunia ini sebagai Hakim Yang Agung

Kali ini yang menjadi fokus utama adalah poin yang ke-5.

Nats tersebut juga berbicara tentang salam perpisahan Yesus dengan para murid-muridNya. Mereka gelisah dan ‘galau’ karena akan berpisah dengan Yesus. Sebagai orang percaya, kegelisahan dan kegalauan hanya bisa dihilangkan bila kita percaya kepada Yesus. Percaya di sini adalah mempercayakan diri kepada Tuhan (=pasrah). Percaya dan mempercayakan diri itu berkaitan erat dengan iman.

Ada 3 dimensi iman : 1. Dimensi pikiran / otak 2. Dimensi pengakuan / mulut 3. Dimensi hati.

Tuhan Yesus pergi ke Surga untuk menyediakan tempat bagi murid-murid-Nya dan untuk kita semua. Jalan yang benar menuju ke Surga hanya melalui Yesus, sebagai satu-satunya jalan. Jadi, jalan merupakan penentu tujuan. Karena Yesus adalah satu-satunya jalan yang benar, maka kitapun yang sedang berada pada jalanNya-pun harus hidup dalam kebenaran sama seperti Yesus telah hidup. Kebenaran Yesus adalah kebenaran yang hidup. Hidup dalam bahasa Yunani adalah ‘bios’ (dimiliki oleh semua makhluk hidup). Selain itu, hidup dalam bahasa Yunani bisa berarti ‘zoe’ (hidup kekal/sejati). Ketika kita percaya dan mempercayakan hidup kepada Yesus, maka kita sudah langsung mendapatkan hidup yang kekal itu. Barangsiapa yang mengenal Yesus, pasti juga mengenal Bapa yang di Surga.

Apa dampaknya ketika orang percaya kepada Yesus melalui 3 dimensi tadi ? Dampaknya adalah kita akan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dibandingkan dengan yang diperbuat Yesus selama di dunia ini.

Pekerjaan besar yang dipercayakan kepada kita sebagai orang percaya adalah menjadikan segala bangsa menjadi murid Yesus. Setelah kita melakukan segala pekerjaan dan perintahNya, maka Yesus akan memberikan jaminan bahwa apa saja yang kita minta dalam namaNya pasti akan diberi, asalkan yang kita minta itu demi mempermuliakan Bapa di Surga.

Tuhan Yesus memberkati !

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 28 Mei 2017 Pengkhotbah : Pdt L.Z. Raprap ( diringkas oleh : Judy Goenarto )


Archive