Menang dalam Hal Keuangan


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Menang dalam Hal Keuangan

Ayat pedoman : 1 Timotius 6:5-10 6:5 : percekcokan antara orang-orang yang tidak lagi berpikiran sehat dan yang kehilangan kebenaran, yang mengira ibadah itu adalah suatu sumber keuntungan. 6:6 : Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar. 6:7 : Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar. 6:8 : Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah. 6:9 : Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. 6:10 : Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

Perdebatan mengenai hal diberkati dan tidak, terkadang diukur berdasarkan materi yang kelihatan, sudah ada sejak dahulu kala seperti yang terulis pada ayat 5. Terkadang pula, orang banyak berpikiran bahwa dengan sering beribadah ke gereja akan menjamin banyaknya berkat materi yang diperoleh. Ada pula yang mengira bahwa bila tidak ada berkat materi setelah pulang dari gereja, maka ada hal yang salah pada dirinya. Hal ini adalah kekeliruan besar. Mari bertobatlah dari pemikiran seperti ini.

Berkat Tuhan dapat berupa kesehatan, damai sejahtera yang berlimpah serta ketenangan jiwa dsb yang tidak dapat diukur dengan ukuran materi. Kebenaran yang sejati dari suatu ibadah harus bercermin dari ayat 6. Mari semua dapat mencukupkan diri masing-masing dengan rasa syukur tentang apa yang sudah dimiliki, bukan apa yang belum ada dan harus dimiliki. Tuhan menginginkan manusia dapat mengucap syukur dengan apa yang telah diberikanNya. Makan dan minum serta pakaian yang ada, itu sudah cukup bagi kita. Tuhan berjanji DIA akan pelihara hidup kita dengan apa yang telah diberikanNya.

Beberapa poin penting dari nats di atas, Tuhan ajarkan kepada kita sbb : - Poin pertama : Yesus cukup buat kita - Poin kedua : tidak ada sukacita di luar dari pada Yesus - Poin ketiga : apa yang ada di dunia ini adalah fana - Poin keempat : harta adalah sarana untuk melayani Tuhan

Tuhan Yesus memberkati !

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 21 Mei 2017 Pengkhotbah : Pdt Trivena Sardjono ( diringkas oleh : David Lim )


Archive