Rahasia Kehidupan yang Rukun


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Rahasia Kehidupan yang Rukun

Ayat pedoman : Mazmur 133:1 133:1 : Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun! 133:2 : Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya. 133:3 : Seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Sion. Sebab ke sanalah TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya.

73 pasal dalam Mazmur ditulis oleh Daud. Apa beda mazmur nyanyian ziarah Daud dengan mazmur lainnya ? Mazmur lainnya masih bersifat nubuatan, sedangkan yang Daud tulis tsb merupakan pengalaman dia sendiri. Dengan kata lain, nyanyian ziarah Daud adalah hal yang sudah terjadi dan dia rasakan.

Ada 4 hal yang kita dapatkan dari rahasia hidup rukun menurut Mazmur 133, yaitu :

1. Orang yang rukun, keadaannya baik dan indah (senang hatinya). Apabila keadaan keluarga baik, maka keadaan gerejapun baik , apabila keadaan gereja baik maka keadaan bangsa kita pun baik. Jadi, peranan keluarga sangat besar dalam menentukan nasib bangsa.

2. Orang yang rukun sama seperti minyak yang baik atau mahal. Minyak yang baik adalah minyak yang membawa aroma yang harum dan membuat keadaan sekitarnya menjadi berubah. Seperti halnya kehidupan orang yang rukun dan percaya kepada Yesus, kita pun harus menjadi seperti minyak yang baik itu. Kita harus berdampak positif bagi lingkungan sekitar kita. Hidup kita harus menjadi kitab terbuka bagi semua orang. Ini adalah cara bersaksi yang efektif. Ada banyak orang percaya yang masih mengalami hidup yang susah, bukan karena salahnya Tuhan, tetapi karena kita masih mempunyai gaya hidup yang tidak baik.

3. Orang yang rukun sama seperti embun gunung Hermon yang turun mengalir ke bukit-bukit Sion. Jarak dari gunung Hermon ke bukit Sion sangatlah jauh, seperti jarak Jakarta ke Bandung. Ini dapat mendeskripsikan bahwa yang tidak mungkin bisa sangat mungkin di tangan Tuhan. JanjiNya akan ada mujizat-mujizat dan terobosan yang terjadi dalam hidup kita apabila kita hidup rukun.

4. Orang yang rukun dekat dengan berkat-berkat Tuhan. Hiduplah rukun dengan keluarga dan sesama kita, maka kebaikan, kesehatan, umur yang panjang dan segala sesuatu yang baik dari Tuhan akan mengikuti kita sepanjang hidup kita.

Tuhan Yesus memberkati !

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 07 Mei 2017 Pengkhotbah : Pdt Ara Siahaan ( diringkas oleh : Judy Goenarto)


Archive