Tuhan adalah Gembala yang Baik

Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Tuhan adalah Gembala yang Baik

Ayat pedoman : Mazmur 23:1-6 23:1 : Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. 23:2 : Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; 23:3 : Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya. 23:4 : Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku. 23:5 : Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah. 23:6 : Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.

Nats di atas merupakan pernyataan : * Pengakuan iman Daud terhadap Tuhan yang menjadi gembalanya * PenyertaanNya dalam segala aspek kehidupan Daud * Dosa Daud diampuniNya sekalipun banyak kejahatan yang dilakukan Daud

Nats tersebut ditulis saat Daud mengalami kepungan dari musuh-musuhnya. Keadaan dia sungguh terhimpit dari segala arah oleh musuh-musuhnya. Sungguh suatu situasi yang tidak aman ataupun nyaman.

Domba yang digambarkan dalam kondisi nyata di negara Timur Tengah merupakan domba yang benar-benar dituntun, dijaga, dirawat bahkan didisplin oleh sang gembalanya. Bila ada yang tidak disiplin maka akan didisiplin dengan cara dipukul hingga patah kakinya, lalu dibersihkan lukanya dengan anggur lalu dikasih minyak sebagai obat, kemudian dibungkus dengan kayu kecil dan perban sebagai gips-nya.

Kondisi patahnya kaki si domba, membuat si gembala sungguh-sungguh merawatnya dengan membawanya ke mana-mana, saat dia lapar maka gembala akan membaringkannya di padang rumput yang hijau, saat dia haus maka gembala akan memberinya minum dst hingga dia sembuh total untuk bisa berjalan seperti semula.

Biasanya, setelah didisiplin dengan cara tsb dan melewati masa penyembuhan patahnya kaki, maka domba tsb akan lebih peka dan patuh akan kehendak sang gembalanya.

Seperti halnya domba, Daud menganalogikan dirinya merupakan domba yang digembalakan oleh Sang Gembala Agung. Daud tidak pernah mengalami kekurangan apapun. Tuhan merawat Daud seperti seorang gembala merawat dombanya. Tuhan bertanggung jawab atas apapun yang menjadi kebutuhan manusia, bahkan DIA menjamin apa yang diperlukan, DIA sediakan tepat pada waktuNya.

Tuhan Yesus memberkati !

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 19 Maret 2017 Pengkhotbah : Pdt Peter S. Prayudha ( diringkas oleh : David Lim )


Archive