Kita punya Tuhan yang Maha Tahu Segalanya

Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Kita punya Tuhan yang Maha Tahu Segalanya

Ayat pedoman : Matius 26:20-26 ; 30-35 26:20 : Setelah hari malam, Yesus duduk makan bersama-sama dengan kedua belas murid itu. 26:21 : Dan ketika mereka sedang makan, Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku." 26:22 : Dan dengan hati yang sangat sedih berkatalah mereka seorang demi seorang kepada-Nya: "Bukan aku, ya Tuhan?" 26:23 : Ia menjawab: "Dia yang bersama-sama dengan Aku mencelupkan tangannya ke dalam pinggan ini, dialah yang akan menyerahkan Aku. 26:24 : Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan." 26:25 : Yudas, yang hendak menyerahkan Dia itu menjawab, katanya: "Bukan aku, ya Rabi?" Kata Yesus kepadanya: "Engkau telah mengatakannya." 26:26 : Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: "Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku." 26:30 : Sesudah menyanyikan nyanyian pujian, pergilah Yesus dan murid-murid-Nya ke Bukit Zaitun. 26:31 : Maka berkatalah Yesus kepada mereka: "Malam ini kamu semua akan tergoncang imanmu karena Aku. Sebab ada tertulis: Aku akan membunuh gembala dan kawanan domba itu akan tercerai-berai. 26:32 : Akan tetapi sesudah Aku bangkit, Aku akan mendahului kamu ke Galilea." 26:33 : Petrus menjawab-Nya: "Biarpun mereka semua tergoncang imannya karena Engkau, aku sekali-kali tidak." 26:34 : Yesus berkata kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya malam ini, sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." 26:35 : Kata Petrus kepada-Nya: "Sekalipun aku harus mati bersama-sama Engkau, aku takkan menyangkal Engkau." Semua murid yang lainpun berkata demikian juga.

Nats tsb memperlihatkan kalau Tuhan Yesus tahu segala isi hati Yudas dan Petrus.

Ada 3 hal yang akan kita lakukan bila kita sadar kalau Tuhan Maha Tahu segalanya yaitu :

1.Kita tidak akan mudah untuk berbuat dosa. Banyak dari kita tak menyadari bahwa walaupun orang lain tidak melihat kita melakukan dosa tetapi Tuhan mengetahuinya.

2. Kita akan selalu memberikan yang terbaik bagi Tuhan. Banyak dari pelayan-pelayan Tuhan ketika sudah tidak terlalu aktif, maka semangat pelàyanannyapun mengendur. Perbuatan baik kita di dunia inilah yang akan menyertai kita sampai ke Surga.

3. Kita tidak akan terus tinggal dalam kekecewaan atau kesedihan. Tuhan tahu apa yang menjadi kebutuhan atau keinginan kita, bahkan hal yang tak terucap sekalipun. Bahkan, Diapun turut merasakan apa yang sedang kita rasakan. Dia tahu bahasa tangisan kita.

Apabila kita selalu hidup dalam kekecewaan dan tidak bisa move on, maka kita sedang mengecilkan kuasa Tuhan. Tuhan pasti menolong kita asal kita tidak pernah mengecilkan kuasa Tuhan.

Ingat, Tuhan Yesus Maha Tahu.

Tuhan Yesus memberkati !

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 12 Maret 2017 Pengkhotbah : Pdt Yofi Handyawan ( diringkas oleh : Judy Goenarto )


Archive