Firman Tuhan yang Berdampak bagi Kehidupan Kita


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Firman Tuhan yang Berdampak bagi Kehidupan Kita

Ayat pedoman : Mazmur 119:129-130 119:129 : Peringatan-peringatan-Mu ajaib, itulah sebabnya jiwaku memegangnya. 119:130 :Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh.

Sebagai orang Kristen, kita seharusnya menjadikan Alkitab (Firman Tuhan) itu menjadi prioritas dalam kehidupan sehari-hari kita. Belajarlah untuk mencintai Firman Tuhan lalu hiduplah di dalamNya supaya kita berakar, bertumbuh dan berbuah.

Pada kitab Efesus 4:13 berbunyi : “sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,” Ayat ini berbicara bahwa bila kita mengalami masalah atau pergumulan di dalam hidup ini, maka kita harus kembali berpegang pada Alkitab.

Membaca Firman Tuhan tidaklah cukup hanya sekedar dibaca saja. Firman Tuhan yang kita baca, haruslah berdampak dan menghasilkan sesuatu yang positif dalam kehidupan kita. Apabila kita hanya mempelajarinya saja tanpa memahami apa yang tersirat dalam Firman Tuhan maka kita akan menjadi seperti para ahli-ahli Taurat.

Amsal 29 :18 berkata : “Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat. Berbahagialah orang yang berpegang pada hukum.”

Dunia yang kita tinggal ini terbagi atas dua yaitu : 1. Alam Natural (kelihatan secara fisik)

2. Alam Supranatural (tidak kelihatan tetapi nyata ada)

Untuk memahami dengan benar Alkitab yang kita baca, maka kita harus dibantu oleh Roh Kudus. Roh Kudus berperan menerangi pikiran kita dan membantu kita untuk menyingkapkan kebenaran dalam Firman Tuhan yang kita baca.

Mengapa kita perlu dibantu oleh Roh Kudus ? Karena Alkitab itu sendiri ada elemen-elemen supranatural / adikodrati yang diilhamkan oleh Roh Kudus kepada penulis Alkitab dari Kejadian hingga Wahyu.

Jadi, hanya Roh Kuduslah satu-satunya yang dapat menolong kita dalam menyingkapkan kebenaran Firman Tuhan itu.

Ada 2 jenis pengetahuan tentang Firman Tuhan, yaitu :

1. Firman Tuhan yang disingkapkan secara pengetahuan kognitif. Pengetahuan yang ada dalam otak kita, yang diperoleh melalui proses belajar dan mengingat. Apabila kita hanya sekedar membaca Alkitab seperti belajar saja, maka kita akan menjadi sombong karena Firman itu hanya menjadi sekedar pengetahuan saja. Ketika Firman Tuhan itu menjadi pengetahuan belaka maka Firman itu sudah tidak mempunyai dampak apapun bagi kehidupan kita.

2. Firman Tuhan yang disingkapkan secara adikodrati Pengetahuan yang diperoleh tidak hanya masuk ke dalam otak kita tetapi sudah masuk kedalam hati dan jiwa kita (menjadi rhema dalam kehidupan kita).

Arti rhema di sini adalah : A. Memberi terang dalam kehidupan kita B. Memberi kemantapan dan kekuatan dalam hidup kita C. Membebaskan hidup kita dari belenggu dosa.

Tuhan Yesus memberkati !

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 05 Maret 2017 Pengkhotbah : Pdt Andryanto Budi Suwardi ( diringkas oleh : Judy Goenarto )


Archive