Relasi antara anak dan orang tua


Tema khotbah : Relasi antara anak dan orang tua

Ayat pedoman : Efesus 6:1-3 6:1 : Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. 6:2 : Hormatilah ayahmu dan ibumu--ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: 6:3 : supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.

Kewajiban anak kepada orgtuanya adalah sbb :

1. Taat dan menghormati kedua orang tua (Efesus 6:1) Hal ini berkaitan dengan tradisi di manapun di dunia ini, bahkan bagi orang yang tidak percaya sekalipun kepada Tuhan (atheis), ada sebuah kewajiban untuk menghormati orangtuanya. Ketaatan kepada orangtua itu berarti tunduk di bawah otoritas orang tua yang merupakan wakil Tuhan di dunia ini.

2. Hormatilah ayahmu dan ibumu (Efesus 6:2) Kekristenan mengajarkan kepada kita untuk mengasihi kedua orangtua kita. Tidak seperti tradisi di sebagian negara di dunia ini, ada yang begitu mengagungkan sosok ayah, ada juga yang sebaliknya mengagungkan dan memuliakan sosok ibu. Hal ini tidak sesuai nilai alkitabiah yang mewajibkan anak menghormati 2 orang : ayah dan ibu.

Kekristenan mengajarkan keseimbangan antara kedudukan ayah dan ibu. Apabila kedua hal ini kita lakukan, maka yakinlah bahwa Tuhan akan memberkati kita dengan dua hal ini : 1. Berkat yang melimpah (kebahagiaan). 2. Umur yang panjang dan kesehatan.

Tuhan Yesus memberkati !

Sumber :

Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 29 Januari 2017 Pengkhotbah : Pdt Demsy J. Jura ( diringkas oleh : Judy Goenarto)


Archive