Jangkau Jiwa


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Jangkau Jiwa

Ayat Pedoman : Efesus 3:16-19 3:16 : Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu, 3:17 : sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih. 3:18 : Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, 3:19 : dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.

Seringkali ibadah hanya digunakan untuk memuaskan jemaat bukan Tuhan. Oleh sebab itu, gereja harus lebih menyadari akan hal ini. Kerinduan hatiNya adalah gereja yang menjangkau jiwa.

Modal dasar untuk menjangkau jiwa buat Tuhan yaitu : KEINGINAN. Sikap Rasul Paulus untuk masalah penjangkauan jiwa pada jemaat di Efesus yang dapat kita pelajari adalah sbb :

* Meneguhkan = memberi keyakinan atau mendorong (Efesus 3:16) Meskipun ada kekuatiran, tetaplah kita harus bersemangat . Semakin besar masalah yang kita alami, perlulah kita diteguhkan. Ada filsafat kuno yang bagus untuk diketahui : Hidup seseorang haruslah menghidupkan orang lain.

* Memahami (Efesus 3:18-19a) Semua jenis kasih (storge, philia dan eros) didasari oleh kasih AGAPE. Dengan agape, jenis kasih ini membuat kita mampu untuk memahami orang lain. Tanpa adanya agape, tidaklah semuanya dapat berjalan dengan baik. Agape adalah kasih murni dari Allah sendiri. Memahami dapat dilakukan manusia lewat pancaindera. Adapun level pengenalan tertinggi adalah GINOSKO = mengenal dengan dekat / intim / berpengalaman dengan DIA / kenal dan paham Tuhan itu hidup dan nyata karena merasakanNya (Efesus 3:19a).

* Dipenuhi oleh kuasa Tuhan (Efesus 3:18-19b) Orang akan mampu digerakkan setelah mengalami kepenuhan. Orang yang mengalami kepenuhan dapat bersinergi dan dapat dipengaruhi. Ada unsur dominasi karakter Kristus dalam orang yang mengalami kepenuhan. Hal ini buah roh nyata dalam hidup orang tsb.

Tuhan Yesus memberkati !

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 13 November 2016 Pengkhotbah : Pdt Demsy J. Jura ( diringkas oleh : David Lim )


Archive