Waktu Tuhan


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : WaktuTuhan

Ayat Pedoman : Pengkotbah 3 : 11 : “Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.”

Apabila kita mampu mengetahui kebenaran tentang waktunya Tuhan maka setiap waktu di dalam Tuhan itu senantiasa indah.

Umumnya, waktu terbagi atas 2 kategori, yaitu :

1. Kronos : waktu yang didasari oleh kebiasaan sehari-hari seperti : abad, tahun, bulan, hari, jam, menit, detik hingga mili-detik. Semua orang di dalam dunia ini akan mengalami waktu ini tak terkecuali antara orang yang percaya dan tidak percaya dalam Tuhan. Waktu seperti inilah yang menjadikan semua kegiatan kita menjadi rutinitas biasa yang terus berulang-ulang setiap hari. Apabila semua berjalan dengan lancar-lancar saja dan baik-baik saja, maka terkadang kita sepertinya tidak membutuhkan Tuhan lagi. Kita akan berpikir ada atau tidak ada Tuhan, kehidupan kita berjalan normal saja. Hal ini yang terkadang membuat kita seperti robot yang melakukan semua kegiatan yang sama, mulai dari kita bangun pagi sampai dengan kita kembali tidur di malam hari.

2. Kairos = waktu Tuhan : waktu atau kesempatan yang Tuhan berikan kepada kita di sela-sela segala rutinitas kita. Ada waktu tertentu, yang sangat tepat saat kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan secara mudah, itulah waktu yang Tuhan berikan kepada kita karena pada saat itu juga keinginan kita sama dengan keinginan Tuhan.

Bagaimana caranya kita dapat menggunakan waktunya Tuhan ?

1. Kita hidup di dalam Yesus dan Yesus hidup di dalam kita. Dalam kebiasaan atau rutinitas dan produktivitas kita, pastilah ada waktu Tuhan yang terjadi, tinggal bagaimana kita menggunakan waktu Tuhan itu dengan sebaik-baiknya. Akan ada waktu Tuhan yang paling penting dalam kehidupan kita yaitu saat kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita, yang sudah mati dan menebus segala dosa kita di atas kayu salib. Ini adalah waktu yang paling penting dalam kehidupan kita.

2. Ketika kita masih diberi kesempatan melakukan perbuatan baik kepada orang lain. Jangan pernah menunda-nunda untuk berbuat baik. Apabila dalam setiap pekerjaan kita selalu memberikan yang terbaik dari dalam diri kita seolah-olah itu untuk Tuhan, maka kita sudah menggunakan waktu Tuhan dengan baik.

Ketika kita melakukan segala sesuatu dengan amat baik dan menggunakan kesempatan dengan baik maka tinggal tunggu saja waktunya Tuhan, yang akan menggenapi semua janji-janjiNYA di dalam kita. Kita akan menjadi kepala dan bukan ekor, Tuhanlah yang akan mengangkat kita.

Untuk melakukan semua hal di atas, maka kita perlu manajemen waktu. Manajemen waktu yang baik adalah dengan pendisiplinan diri kita sendiri. Sebagai manusia yang masih hidup di dunia ini, kita tidak mungkin terlepas dari waktu kronos atau rutinitas kita, akan tetapi di sela-sela waktu kronos itu, kita juga harus jeli melihat waktunya Tuhan dan menggunakannya dengan sebaik mungkin. Pada akhirnya, kita akan melihat semua janjiNya tergenapi di dalam hidup kita. Bila tidak, maka kita akan berjalan ditempat dan tidak akan pernah ke mana-mana.

Tuhan Yesus memberkati ! Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 04 September 2016 Pengkhotbah : Pdt Andreas Goei ( diringkas oleh : Yudi Goenarto )


Archive