Memburu Hadirat Tuhan


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Memburu Hadirat Tuhan

Ayat Pedoman : Matius 6:33 : “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”

Arti kata ‘memburu’ pada konteks ini adalah mengejar sampai mendapatkan apa yang menjadi targetnya. Banyak orang Kristen saat ini salah memburu sasaran, bukan hadiratNya tetapi berkatNya. Sesungguhnya, yang Tuhan kenan adalah kita memburu hadiratNYA yang jauh lebih mulia daripada segala harta yang ada dalam dunia ini. Carilah dan burulah hadirat Tuhan itu terlebih dahulu dan hidup dalam kebenaranNYA maka segala hal yang menjadi kebutuhan kita akan dicukupkanNya.

Sebagai anak-anak Tuhan haruslah cerdas dalam memilih dan mengutamakan mana kebutuhan yang penting dan mana kebutuhan yang hanya sebagai pelengkap saja.

Urutan secara sistematis kebutuhan manusia terbagi menjadi :

1. Kebutuhan dasar/pokok (makan, minum, mencari uang/dsb ) Bila dalam kehidupan kita hanya fokus pada pengejaran kebutuhan ini maka kita tidak jauh berbeda dengan binatang. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi maka manusia bisa kehilangan kendali / berubah perilakunya seperti dengan merampok, mencuri atau berbuat jahat.

2. Kebutuhan rasa aman Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi maka manusia jadi bertindak negatif atau selalu khawatir.

3. Kebutuhan dicintai dan mencintai Manusia suka bersosialisasi dengan sesamanya, berkelompok dan membangun keluarga. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka manusia merasa hidupnya tidak berharga lagi.

4. Kebutuhan dihormati dan dihargai Berkuasa, tenar, bisa mandiri dan dianggap penting. Jika kebutuhan ini tidak dipenuhi, maka manusia cenderung menjadi minder dan tidak percaya diri.

5. Aktualisasi diri Setelah manusia mencapai tahap kemapanan hidup dan keempat kebutuhan dasar di atas telah terpenuhi maka manusia cenderung hidup sederhana, santai, gembira, humoris dan lebih menghormati sesamanya. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi maka manusia menjadi cuek, mudah merasa bosan bahkan putus asa dalam hidup ini. Kebutuhan manusia yang terpenting ternyata bukanlah 5 kebutuhan di atas. Kebutuhan manusia yang paling penting dalam hidup ini adalah selalu berada dalam hadirat Tuhan.

Pada Kejadian 1:29 dan Kejadian 2:1-15 berbicara bahwa kebutuhan terpenting yang Tuhan berikan kepada Adam dan Hawa adalah kebutuhan untuk selalu bergaul dengan Tuhan dan menikmati hadiratNYA. Kebutuhan ini adalah kebutuhan yang tertinggi dan paling mulia. Dengan bergaul karib dan menjadi kekasih Tuhan-lah maka kita akan bisa menikmati kebahagiaan hidup yang sebenarnya.

Tuhan Yesus memberkati !

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 21 Agustus 2016 Pengkhotbah : Pdt Samuel Sie ( diringkas oleh : Yudi Goenarto )

@ dokumentasi foto : LGFChurch-Jakarta


Archive