Semakin Tekun Berdoa


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Semakin Tekun Berdoa

Ayat Pedoman : Lukas 11:1-7

11:1 : Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya."

11:2 : Jawab Yesus kepada mereka: "Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu.

11:3 : Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya

11:4 : dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kamipun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan."

11:5 : Lalu kata-Nya kepada mereka: "Jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: Saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti,

11:6 : sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya;

11:7 : masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara.

Minimal ada 6 hal yang harus kita lakukan berkenaan dengan ajakan untuk semakin tekun berdoa yaitu :

1. Berdoa harus seperti orang yang bangun di tengah malam

Jadikan doa sesuatu yang sangat penting sehingga ketika ada masalah atau tidak maka kita pun akan tetap berdoa dgn tekun. Artinya : doa harus merupakan kebutuhan setiap waktu.

2. Apapun yang kita minta kepada Tuhan dalam doa kita, semua itu hanyalah pinjaman atau titipan Tuhan semata-mata, yang kapanpun dapat Tuhan ambil kembali

Kita hanyalah sebagai sarana penyalur berkat bagi sesama kita.

3. Berdoalah untuk meminta apa yang kita perlukan atau butuhkan; bukanlah apa yang menjadi keinginan kita.

Kebutuhan kita sesungguhnya tidaklah sebanyak keinginan kita. Apabila keinginan kita baik di mata Tuhan maka tanpa diminta, pasti Tuhan akan memberikannya kepada kita tepat pada waktuNYA.

4. Berdoalah tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga berdoalah untuk orang lain. Ketika kita masih bisa melayani dan mendoakan orang lain, walaupun kita sedang mengalami masalah maka kita pun juga akan merasakan sukacita dan pertolongan yang datangnya dari Tuhan.

5. Sabarlah untuk menunggu waktunya Tuhan. Kesabaran adalah buah roh; Mintalah selalu kepada Roh Kudus agar kita dimampukan senantiasa dapat bersabar. Saat menunggu waktuNya, kita harus senantiasa bersukacita dan tidak marah-marah.

6. Janganlah malas untuk berdoa secara tekun setiap hari. Jujurlah di hadapan Tuhan karena Tuhan menghargai tindakan iman kita yg mau jujur dan mengakui semua dosa kita.

Tuhan Yesus memberkati !

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 31 Juli 2016 Pengkhotbah : Pdt Hendy Kasidi ( diringkas oleh : Yudi Goenarto )


Archive