Indah pada waktuNya

Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Indah pada waktuNya

Ayat Pedoman : 2 Tawarikh 34:1-4 34:1 : Yosia berumur delapan tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga puluh satu tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem.

34:2 : Ia melakukan apa yang benar di mata TUHAN dan hidup seperti Daud, bapa leluhurnya, dan tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri.

34:3 : Pada tahun kedelapan dari pemerintahannya, ketika ia masih muda belia, ia mulai mencari Allah Daud, bapa leluhurnya, dan pada tahun kedua belas ia mulai mentahirkan Yehuda dan Yerusalem dari pada bukit-bukit pengorbanan, tiang-tiang berhala, patung-patung pahatan dan patung-patung tuangan.

34:4 : Mezbah-mezbah para Baal dirobohkan di hadapannya; ia menghancurkan pedupaan-pedupaan yang ada di atasnya; ia meremukkan dan menghancurluluhkan tiang-tiang berhala, patung-patung pahatan dan patung-patung tuangan, dan menghamburkannya ke atas kuburan orang-orang yang mempersembahkan korban kepada berhala-berhala itu.

Yosia yang masih berusia sangat belia (8 tahun) sudah menjadi seorang raja di Israel. Ini menunjukkan bahwa tidak ada jalan buntu bagi setiap orang yang percaya kepadaNYA. Seorang anak kecilpun dapat dipakai oleh Tuhan dengan luar biasa.

Sangat berbeda dengan ayahnya yang melakukan apa yang jahat di mata Tuhan ( 2Tawarikh 33 : 22 : “Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN seperti yang telah dilakukan Manasye, ayahnya. Amon mempersembahkan korban kepada segala patung yang dibuat Manasye, ayahnya, dan beribadah kepada patung-patung itu.”), hidup Yosia berkenan di hadapan Allah.

Agar hidup kita berkenan di hadapan Allah maka ada 4 hal yang harus kita perhatikan yaitu :

1. Mencari Tuhan dengan sungguh-sungguh 2. Hidup benar dan berkenan di hadapan Allah serta mempunyai visi yang jelas yang berasal dari Allah 3. Mempersiapkan hidup dan diri kita bagi Allah tanpa kompromi dengan dosa 4. Ada tindakan nyata yang dikerjakan.

Apabila keempat hal di atas dilakukan dengan sungguh-sungguh maka pastilah kita akan siap dipakai oleh Allah sebagai alat untuk menyatakan kemuliaanNYA.

Tuhan Yesus memberkati !

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 19 Juni 2016 Pengkhotbah : Pdt Jonas Souisa ( diringkas oleh : Yudi Goenarto )


Archive