Bertambah Dewasa


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Bertambah Dewasa

Ayat pedoman : 2 Timotius 3:16 : “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.”

Alkitab, yang selama ini kita baca dan pelajari adalah buku yang diilhamkan oleh Allah sendiri dan bukanlah buah karya pikiran manusia. Ketika kita membaca Alkitab, haruslah kita menggalinya lebih dalam lagi, maka kita dapat memperoleh banyak manfaat dari ayat Alkitab yang kita baca.

Cara yang paling efektif untuk memperoleh manfaat dari membaca Alkitab adalah : mempraktekkannya secara langsung dalam kehidupan kita. Cara yang salah dalam membaca Alkitab adalah mencocokkan keadaan diri kita dengan ayat yang ada di Alkitab.

Ketika Tuhan tidak memberikan suatu tanda atau mujizat, yang kita minta dalam doa, kita tidak boleh meremehkan Alkitab, tetap tekun dibaca dalam kondisi apapun juga. Ketika kita melakukan isi Alkitab, maka dibutuhkan waktu yang terkadang cepat bahkan terkadang lama menurut ukuran manusia, yang pasti Tuhan akan nyatakan kehendakNya sesuai dengan waktuNya saja (Kairos)

Ada 4 perubahan yang terlihat apabila kita suka membaca Alkitab yaitu :

1. Berubah semakin suka beribadah

Orang yang suka membaca Alkitab akan semakin suka bersekutu dengan teman seiman baik itu ke gereja atau mengikuti kegiatan kelompok sel. Orang yang semakin suka beribadah maka akan semakin suka membaca firman dan menggalinya lebih dalam lagi kemudian mempraktekkannya.

2. Imannya bertumbuh semakin sehat.

Maksud dari iman yang bertumbuh sehat adalah iman yang menyerahkan segala sesuatu ke dalam tangan Tuhan. Semakin berserah kepada Tuhan dan membiarkan Firman Tuhan bekerja dalam hidup kita. Semakin hari, iman kita akan semakin bertumbuh menjadi dewasa dan menjadi semakin baik lagi. Tetaplah berjalan dalam imanmu, terus paksakan diri kita untuk mencari Tuhan, apapun keadaannya. Semakin sering membaca Firman Tuhan maka iman kita akan semakin dibangkitkan.

3. Berubah menjadi semakin benar (bertobat).

Hal ini dapat dimulai dari ketaatan. Contoh sederhana : ajarlah anak kita supaya tidak hanya pintar dalam hal akademis tetapi memiliki hati yang baik dan takut akan Tuhan. Bukan sekedar ilmu dan ketrampilan seorang anak yang perlu diasah, tetapi hatinya juga harus diasah. Orang yang mencintai Firman Tuhan akan menjadi semakin baik hidupnya.

4. Semakin suka bersaksi.

Orang yang semakin mencintai Firman Tuhan akan semakin sering bersaksi tentang Tuhan Yesus yang melakukan segala-galanya dan bukanlah bersaksi untuk sekedar menonjolkan diri sendiri. Orang yang mencintai Firman Tuhan àkan percaya lalu melakukannya sehingga sesuatu yang dahsyat pastilah akan terjadi dalam hidupnya sesuai dengan waktuNya.

Tuhan Yesus memberkati !

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 06 Maret 2016 Pengkhotbah : Pdt Andreas Goei ( diringkas oleh : Yudi Goenarto)


Archive