Berjalan Dalam Satu Keyakinan


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Berjalan dalam satu keyakinan

Ayat pedoman : Mazmur 91:14-16 91:14 : "Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku. 91:15 : Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya. 91:16 : Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku."

Arti kata ‘melekat’ dalam bahasa Ibrani mengandung arti ‘mencintai Tuhan’.

Orang-orang yang memiliki keyakinan atau kepercayaan diri versus dengan orang-orang yang suka ragu-ragu atau tidak punya keyakinan, pasti akan terlihat hasilnya. Apabila hidup kita dipenuhi keraguan dan tidak punya keyakinan maka hasilnya tidak akan maksimal.

Minimal ada 2 hal yang harus dimiliki dalam hidup yang harus dipraktekkan sbb :

1. Mempunyai hati yang melekat kepada Tuhan Apabila orang memiliki hati yang melekat kepada Tuhan maka hidupnya sangat dekat dan bergairah seperti kita dulu pacaran dengan calon istri / suami kita. Jangan pernah berkata bahwa kita mencintai Tuhan tetapi hidup kita tidak melekat kepadaNYA. Kita harus punya waktu khusus untuk Tuhan apabila kita mengaku cinta Tuhan. Selalu sediakan waktu untuk berdoa dan membaca firmanNYA.

2. Punya kepekaan Bila kita sungguh mengenal Tuhan dan mengaku mengasihiNYA, maka seharusnya kita punya kepekaan akan apa yang menjadi kerinduan Tuhan dalam hidup kita. Selain itu, kita juga akan memiliki keyakinan dan kepastian dalam hidup ini.

Ada 4 janji Tuhan bagi kita apabila kedua hal tsb dilakukan, sbb :

1. Janji perlindungan (ayat 14) [ contoh : Lot, Yusuf, Daniel, Sadrakh, Mesakh & Abednego, dll ] Tuhan akan meluputkan kita dari bencana. Namun, ada kalanya Tuhan mengizinkan bencana terjadi. Pada saat-saat terakhir, Tuhan akan akan meluputkan kita dan mengangkat kita menjadi seorang pemenang.

2. Janji tentang jawaban doa kita (ayat 15) Seringkali kita menyalahkan Tuhan mengapa tidak menjawab doa kita, padahal kita sendirilah yang gampang menyerah atau tidak sabar. Orang yang hatinya melekat kepada Tuhan, maka doanya pasti akan dijawab oleh Tuhan.

3. Janji penyertaan Tuhan dalam hidup kita (ayat 15) [… Aku akan menyertai dia dalam kesesakan … ] Arti kata lain dari penggalan ayat tsb adalah ‘Aku akan tetap berdiri buat orang ini’. Tuhan akan tetap berdiri di samping kita dalam keadaan sulit sekalipun. Orang lain bisa tinggalkan kita tetapi Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita.

4. Janji umur panjang (ayat 16) Orang yang sungguh melekat hatinya kepada Tuhan dan mengenalNYA, maka jiwanya akan dipuaskan oleh Tuhan. Sepanjang hidup manusia, tidak akan pernah puas, yang bisa memuaskannya hanyalah Tuhan, apabila Tuhan memuaskan jiwa manusia maka barulah manusia itu akan bisa bersyukur.

Ketika hidup kita benar dan berkenan bagi Tuhan maka anak cucu kita pun juga akan diberkati

( Mazmur 37:25-26 ) 37:25 : Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti; 37:26 : tiap hari ia menaruh belas kasihan dan memberi pinjaman, dan anak cucunya menjadi berkat.

Tuhan Yesus memberkati ! Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 28 Februari 2016 Pengkhotbah : Pdt Samuel Pristiwantoro ( diringkas oleh : Yudi Goenarto)


Archive