Rahasia Hidup Berkemenangan


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Rahasia Hidup Berkemenangan

Ayat pedoman : Ulangan 20:1-4 20:1 : "Apabila engkau keluar berperang melawan musuhmu, dan engkau melihat kuda dan kereta, yakni tentara yang lebih banyak dari padamu, maka janganlah engkau takut kepadanya, sebab TUHAN, Allahmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir, menyertai engkau. 20:2 : Apabila kamu menghadapi pertempuran, maka seorang imam harus tampil ke depan dan berbicara kepada rakyat, 20:3 : dengan berkata kepada mereka: Dengarlah, hai orang Israel! Kamu sekarang menghadapi pertempuran melawan musuhmu; janganlah lemah hatimu, janganlah takut, janganlah gentar dan janganlah gemetar karena mereka, 20:4 : sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai kamu untuk berperang bagimu melawan musuhmu, dengan maksud memberikan kemenangan kepadamu.

Disadari atau tidak kita setiap hari selalu mengalami peperangan/pergumulan dlm kehidupan sehari hari. Contoh sederhana adalah sepasang calon pengantin yang sedang mempersiapkan pernikahan. Adalah jauh lebih mudah mempersiapkan acara pernikahan tersebut daripada nanti kelak mempertahankan pernikahan tsb yang merupakan suatu perjuangan seumur hidup. Jadi, setiap hari kita harus berjuang dan berusaha terus untuk meraih kemenangan.

Jangan sampai kita sebagai anak-anak Tuhan memulai perjuangan dalam roh tetapi mengakhirinya dalam kedagingan.

Untuk hidup yang berkemenangan ada 4 hal yang harus diperhatikan yaitu :

Pertama : kemenangan dalam hidup tidak terpengaruh / tergantung pada seberapa besar masalah (Ulangan 20:1) Saul merasa akan kalah lawan Goliat karena : matanya berfokus pada ‘besar’nya tubuh Goliat dan telinganya berfokus pada ‘perkataan’ Goliat. Jadi, janganlah kita berfokus pada masalah, supaya kita tidak depresi dalam mengahadapi 'goliat' masalah kita. Yang lebih tepat adalah berfokuslah kepada Allah maka IA akan memberikan kemenangan bagi kita. Hidup ini bisa berhasil bukan berdasarkan perkataan ‘orang’ tetapi apa kata TUHAN.

Kedua : Kita butuh penyertaan Tuhan (Ulangan 20:4) Tanpa Tuhan kita itu tidak ada apa-apanya. Apabila tangan kita selalu dipegang Tuhan maka kita tidak perlu takut menghadapi masalah kita.

Ketiga : Belajar menghadapi masalah (Ulangan 20:1) Dalam hidup ini, untuk bisa menang melawan masalah maka kita harus BERANI keluar untuk menghadapi masalah kita. Lari dari masalah hanya akan menimbulkan masalah baru. Masalah yang diijinkan Tuhan terjadi dalam hidup kita membuat kita semakin kuat dan dewasa.

Keempat : Kuatkan dan teguhkan hati kita (Ulangan 20:2-3) Kalau kita mau menjadi pemenang dalam hidup kita maka kita harus meneguhkan dan menguatkan hati kita. Belajarlah untuk selalu tabah. Jangan mudah putus asa dan jangan pernah menyerah bila doa belum dijawabNYA.

Apabila 4 hal tsb dilakukan percayalah hidup kita akan mengalami kemenangan demi kemenangan bersama Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati !

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 25 Oktober 2015 Pengkhotbah : Pdt Samuel Pristiwantoro ( diringkas oleh : Yudi Goenarto )


Archive