Semakin Giat menjelang Kedatangan Tuhan


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Semakin Giat menjelang Kedatangan Tuhan

Ayat Pedoman : 1 Korintus 10:6-11 10:6 : Semuanya ini telah terjadi sebagai contoh bagi kita untuk memperingatkan kita, supaya jangan kita menginginkan hal-hal yang jahat seperti yang telah mereka perbuat, 10:7 : dan supaya jangan kita menjadi penyembah-penyembah berhala, sama seperti beberapa orang dari mereka, seperti ada tertulis: "Maka duduklah bangsa itu untuk makan dan minum; kemudian bangunlah mereka dan bersukaria." 10:8 : Janganlah kita melakukan percabulan, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga pada satu hari telah tewas dua puluh tiga ribu orang. 10:9 : Dan janganlah kita mencobai Tuhan, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka mati dipagut ular. 10:10 : Dan janganlah bersungut-sungut, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka dibinasakan oleh malaikat maut. 10:11 : Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada waktu, di mana zaman akhir telah tiba.

Bagaimana orang Israel pada waktu itu melakukan apa yg jahat di mata Tuhan.? Hakim Hakim 2:11 : Lalu orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN dan mereka beribadah kepada para Baal

Kejahatan yang diperbuat orang Israel adalah sbb : 1) Mereka tidak taat ( Hakim-Hakim 1:19-26 ) 1:19 : Dan TUHAN menyertai suku Yehuda, sehingga mereka menduduki pegunungan itu; tetapi mereka tidak dapat menghalau penduduk yang di lembah, sebab orang-orang ini mempunyai kereta-kereta besi. 1:20 : Kepada Kaleb telah diberikan Hebron, seperti yang dikatakan Musa dahulu, dan dari sana telah dihalaukannya anak Enak yang tiga itu. 1:21 : Tetapi orang Yebus, penduduk kota Yerusalem, tidak dihalau oleh bani Benyamin, jadi orang Yebus itu masih diam bersama-sama dengan bani Benyamin di Yerusalem sampai sekarang. 1:22 : Keturunan Yusuf juga maju menyerang Betel, dan TUHAN menyertai mereka. 1:23 : Keturunan Yusuf menyuruh orang mengintai Betel itu--nama kota itu dahulu adalah Lus. 1:24 : Ketika pengintai-pengintai itu melihat seorang keluar dari kota itu, maka berkatalah mereka kepadanya: "Tolong tunjukkan bagaimana kami dapat memasuki kota ini, maka kami akan memperlakukan engkau sebagai sahabat." 1:25 : Lalu ditunjukkannyalah kepada mereka bagaimana mereka dapat memasuki kota itu, dan mereka memukul kota itu dengan mata pedang, tetapi orang itu dengan seluruh kaumnya dibiarkan mereka pergi. 1:26 : Orang itu pergi ke negeri orang Het dan mendirikan di sana sebuah kota yang dinamainya Lus. Demikianlah nama kota itu sampai sekarang.

Seharusnya bangsa Israel melakukan apa yang Tuhan suruh lakukan yaitu semua suku-suku asing yang ada dimusnahkan. Tetapi mereka tidak melakukannya. Hal itu membuat Allah murka.

2) Orang Israel menyembah berhala (Hakim-Hakim 2:12)

Mereka meninggalkan TUHAN, Allah nenek moyang mereka yang telah membawa mereka keluar dari tanah Mesir, lalu mengikuti allah lain, dari antara allah bangsa-bangsa di sekeliling mereka, dan sujud menyembah kepadanya, sehingga mereka menyakiti hati TUHAN.

Orang Israel melukai hati Tuhan dengan penyembahan kepada berhala. Tetapi Tuhan tetap mengasihi bangsa Israel sampai hari ini. Saat ini kita hidup di jaman yang jahat, walaupun kita mempunyai keyakinan bahwa sekali selamat tetap selamat, tetapi kita jangan terus menerus melakukan dosa.

Contoh relevan jaman sekarang : sudah Kristen tetapi masih suka pergi ke kuburan untuk sembahyangan kepada leluhur.

3) Mereka kawin dengan bangsa kafir

4) Dosa homo dan lesbian sudah ada sejak dulu kala (Hakim-Hakim 19:1-30)

Mari kita semakin giat melayani Tuhan. Semakin giat menginjil. Semakin giat berbuat baik. Semakin kudus di hadapan Tuhan menjelang kedatangan Yesus yang kedua kalinya (Wahyu 22: 11) “Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya!"

Di manapun kita berada, kita tidak boleh berkompromi dengan dosa.

Tuhan Yesus memberkati !

Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 06 September 2015 Pengkhotbah : Pdt Jonas Souisa ( diringkas oleh : Yudi Gunarto )


Archive