Menunggu Waktu Tuhan


Shalom saudaraku yang kekasih dalam Kristus,

Tema khotbah : Menunggu Waktu Tuhan

Ayat Pedoman : Pengkhotbah 3:11 : “Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.”

Sesungguhnya menunggu itu membosankan. Waktu Tuhan itu bisa 10 menit, 1 tahun, 15 tahun, dst. DIA memberi tepat pada waktuNYA.

Waktu terindah dalam kehidupan manusia terjadi pada momen berikut ini : - Saat kelahiran : Manusia bisa lahir dan tampil di dunia ini karena Tuhan berkehendak. Hidup manusia tercatat dalam Kitab Kehidupan. Kelahiran Yesus sangat penting karena dengan momen ini, maka ada keselamatan bagi umat manusia - Saat menikah - Saat memiliki anak - Saat pertama kali diterima bekerja - dst

Seringkali manusia ‘berusaha’ membantu Tuhan untuk menggenapi / mengabulkan doanya. Contoh di Alkitab adalah Sara ‘berusaha’ menggenapi janji Tuhan lewat gundik Abraham yang bernama Hagar. Sesungguhnya ini bukanlah kehedak Tuhan. Bila saja Abraham dan Sara bisa bersabar maka semuanya akan jadi indah.

Waktu Tuhan berkaitan erat dengan kesabaran dan iman manusia.

Ulangan 8:18 : “Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.” Mintalah ‘modal’ dari Tuhan bukan dengan cara yang tidak sehat.

Kenapa Tuhan tidak membuat orang Israel cepat tiba di tanah perjanjian ( tanah Kanaan ) ? Hal ini disengaja agar melatih orang Israel yang bermental budak hingga bermental pejuang yang tidak mudah kalah oleh keadaan.

Tuhan Yesus memberkati ! Sumber : Khotbah ibadah GSY pukul 07:00 WIB Hari / Tanggal : Minggu, 23 Agustus 2015 Pengkhotbah : Pdt Gordon Simaremare ( diringkas oleh : David Lim )


Archive